Jumat, 11 November 2016

Masakan Spesial dari Ibu

Assalamualaikum, Selamat malam semuanya. Kali ini saya akan menceritakan masakan special dari ibu saya yang hampir setiap hari lebaran di masak oleh ibu saya. Masakan ini juga adalah salah satu dari makanan favorit yang di masak oleh ibu saya, ya walaupun banyak juga sih yang saya sukai dari masakan ibu saya. Tapi makanan ini adalah yang sangat saya suka apalagi di hari lebaran, coba kalian tebak masakan apakah itu? Oke saya bantu dengan gambar di bawah ini



Bagaimana? Pasti kalian sudah tidak asing bukan dengan makanan itu, ya makanan itu adalah opor ayam. Mendengar kata opor ayam, tentunya sudah tidak asing lagi bagi telinga kita. Dan pastinya otak kita langsung membayangkan akan sesuatu makanan yang lezat, yang tentunya membuat perut kita menjadi lapar dan apabila memakanya selera nafsu makan kita akan bertambah.
Oke disini saya juga akan berbagi Resep dan cara membuat Opor Ayam ala ibuku agar enak dan tentunya sedap
Bahan Opor Ayam:
  • 4 sdm minyak untuk menumis
  • 2 batang Serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk purut
  • 3 lembar daun salam
  • 2 ekor ayam buras, potong masing-masing menjadi 4 bagian
  • 1 1/2 butir kelapa, parut, peras menjadi 250 ml santan kental dan
  • 1 1/2 L santan encer
Bumbu yang dihaluskan:
  • 3 sdt ketumbar butiran, sangrai
  • 1/2 sdt jintan, sangrai
  • 2 sdt merica butiran
  • 6 butir kemiri, goreng
  • 3 cm kencur
  • 3 cm lengkuas
  • 100 g bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sdt garam
  • 2 sdm gula merah sisir
Cara Membuat Opor Ayam Kampung
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus, Serai, daun jeruk, dan daun salam. Aduk-aduk hingga harum.
  • Masukkan potongan ayam, aduk-aduk hingga ayam kaku.
  • Masukkan santan encer, masak terus di atas api sedang hingga mendidih dan ayam empuk.
  • Tambahkan santan kental, aduk sesekali sampai mendidih. Kecilkan api, masak hingga santan agak berminyak.
  • Opor ayam siap disajikan.


Oke itulah resep opor ayam ala ibuku, selamat mencoba, sekian artikel tentang masakan ibu saya, semoga kalian dapat mencobanya di rumah. Sampai Jumpa 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBIAYAAN USAHA BARU

Untuk melakukan usaha dalam pengembangannyan tentu kita memerlukan suatu pembiayaan yang begitu banyak sehingga harus melakukan suatu usah...